Manfaat Minum Air Putih


.

Terkadang kita sering mengabaikan hal yang spele, seperti minum air.Namun perlu kita sadari mulai sekarang bahwa minum air putih sangat bermanfaat bagi tubuh kita.Mengapa? karena sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara

darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.
Apa yang terjadi apabila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari? Tentu saja tubuh akan menyesuaikan diri. Caranya dengan "menyedot" air dari komponen dan organ tubuh sendiri. Sumber terdekat yang disedot adalah darah. Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah. Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Bila ini ditambah dengan
penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.
Ibu saya sering menasihati saya untuk minum air putih saat bangun pagi, saya sudah melakukannya.. Sebelum melakukan apapun di waktu pagi, sempatkanlah minum air putih 1-2 gelas.Dan jangan makan apapun hingga 45 menit sampai 1 jam kemudian.Saya sendiri telah mencobanya, dan hasilnya, pencernaan lebih lancar dan juga menyegarkan.Mengapa? karena sewaktu tidur, tubuh kita itu bekerja secara maksimal. Menyaring racun, membersihkan darah, menyerap zat-zat gizi yang dikonsumsi dari makanan selama kita bangun, dan lain-lain. Dan kemudian, saat kita bangun tidur di pagi hari, adalah saat-saat dimana tubuh kita mangandung banyak “kotoran” sisa metabolisme yang harus dibuang. Kotoran-kotoran hasil metabolisme itu tidak semuanya langsung bisa keluar. Maka dari itu, kita butuh air putih yang bisa menstimulasi kerja saluran pembuangan dengan segera. Disinilah air putih berperan sangat baik bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air putih sesaat setelah membuka mata, kita dibantu untuk membuang racun-racun yang menempel dalam saluran tubuh, dan kemudian dibuang melalui saluran pembuangan.
Penyakit yang dapat disembuhkan dengan meminum air di pagi hari, antara lain :
1. Sembelit - 1 Hari
2. TBC Paru-Paru - 3 Bulan
3. Kencing Manis - 7 Hari
4. Asam Urat - 2 Hari
5. Tekanan Darah - 4 Minggu
6. Kanker - 4 Minggu

Beberapa manfaat meminum air putih adalah:
1. Memperlancar sistem pencernaan
2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.
3. Perawatan kecantikan
4. Untuk kesuburan
5. Menyehatkan jantung
6. Sebagai obat stroke
7. Efek relaksasi
8. Menguruskan badan
9. Tubuh lebih bugar
10. Penyeimbang tubuh

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Karena, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
Jika beraktivitas di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.
Setelah membaca artikel ini, saya harap anda dapat merubah pola minum anda dari kurang minum, untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari, dan minum air sesaat setelah bangun tidur.Karena,terbukti dengan minum air dapat membersihkan sisa metabolisme dalam tubuh.Saya sendiri telah mencobanya, dan tubuh terasa lebih segar dan pencernaan lancar.Tunggu apa lagi? Jika anda menyayangi hidup anda, mulailah hidup sehat anda dari sekarang hanya dengan meminum air putih yang cukup!

Your Reply

BACK TO TOP